4 Penyebab Usus Buntu Pecah

By | December 5, 2016

Apakah anda terdiagnosa mengidap usus buntu ? jika benar begitu, anda perlu mengetahui penyebab usus buntu pecah guna untuk menghindari kondisi yang semakin parah pada penyakit ini.

Penyebab Usus Buntu PecahUsu buntu sendiri adalah salah satu organ tubuh yang mana sampai saat ini belum di ketahui secara pasti apa fungsi dan kegunaan pada tubuh kita, karena jika organ yang satu ini di angkat tidak akan memberikan pengaruh apapun pada tubuh bahkan kesehatan pun tetap terjaga.

Namun, meskipun demikian pkeluhan ini bisa menjadi serius apabila terjadinya suatu kondisi yang cukup serius pada organ ini seperti : terjadi pembengkakan ataupun peradangan.

Dengan adanya kondisi seperti itu maka bisa mengundang sebuah komplikasi yang serius.Biasanya penyakit ini lebih rentan terkena pada remaja namun tidak bisa di pungkiri jika semua orang bisa terkena penyakit ini dan memiliki kemungkinan resikonya.

Hal utama yang menyebabkan terjadinya penyakit usus buntu pecah yaitu terjadinya penyumbatan pada arah masuk bagian usus oleh :

#1.Tinja

Sebuah kotoran makanan ataupun limbah makanan yang letaknya memblokir jalan usus buntu, yang mana hal ini bisa memicu terjadinya peradangan.

#2.Terjadi Pembengkakan Kelenjar Getah Bening

Jika dinding usus yang mengalami infeksi saluran maka dengan adaya pembengkakan tersebut bisa menimbulkan inflamasi yang mampu memicu usus buntu yang pecah.

#3.Infeksi

Salah satu virus penyakit menular yang bisa menjadikan penyakit usus buntu yakni gastrointestinal, dengan adanya perkembangan yang cepat maka akan menyebabkan peradangan sehingga pada akhirnya terjadi inflamasi dan penuh nanah.

Apabila kondisi ini di biarkan lama kelamaan mana akan semakin parah dan pada akhirnya akan pecah, untuk menghindari kondisi seperti itu maka anda perlu segera melakukan operasi, jika segera di obati maka penyakit ini bisa menimbulkan komplikasi abses.

#4.Tipisnya Dinding Usus Buntu

Usus buntu terjadi akibat karena menipisnya dinding usus buntu yang biasanya di sebabkan oleh angin atau gas yang berhasil masuk ke dalam usus, akan tetapi tidak di keluarkan sebagai kentut.Kebiasaan menahan seperti ini akan membuat kentut kembali ke usus buntu lagi dan susah untuk di keluarkan lagi.

Biasanya seseorang yang menderita usus buntu akan merasakan keluhan ataupun gejala yang sering muncul yakni akan merasakan sakit pada perut di bagian tengah yang datang dan pergi, kemudian akan merasakan lagi setelah beberapa jam di bagian perut kanan bawah perut yang semakin sakit rasanya.

Bahkan penderita sampai tidak bisa menahannya, apalagi jika bagian sakit itu di tekan sampai bisa membuat penderita tidak mampu untuk sekedar berjalan.Selain itu, adapun gejala lain yang sering muncul pada penyakit usus buntu diantaranya :

  • Nafsu makan berkurang.
  • Mengalami pembengkakan pada perut.
  • Kesulitan untuk menahan kentut.
  • Sering meraeasa mual dan muntah-muntah.
  • Mengalami pencernaan terganggu seperti diare dan sembelit.
  • Mengalami penaikan suhu badan.
  • Akan merasakan sakit saat melakukan buang air seni.
  • Terjadi kram pada pusar sampai bagian kanan perut.

Nah, untuk itu bagi anda yang menderita usus buntu sebaiknya cepat lakukan pengobatan, jika tidak segera diobati anda akan memiliki resiko usus buntu pecah.Yang mana bisa menyebabkan kondisi lebih parah karena infkeis yang awalnya pada bagian usus buntu saja, bisa menyebar ke seluruh perut anda bahkan bisa menimbulkan komplikasi penyakit lain yakni :

  • Abses – Salah satu penyakti yang di sebabkan oleh munculnya kantong nanah, hal seperti ini terjadi akibat tubuh berusaha untuk menyembuhkan penyakit usus buntu yang sudah pecah.
  • Peritonitis – Terdapat infeksi pada selaput yang bisa melindungi perut bagian dalam yang mana hal ini di sebabkan oleh bakteri.

Cara Mengobati Usus Buntu

Salah satu cara yang bisa anda lakukan untuk mengobati usus buntu yakni dengan melakukan tindakan operasi pengangkatan usus buntu.Meskipun melakukan pengobatan yang satu ini lebih aman dan bisa mencegah terjadinya usus buntu.

Akan tetapi, melakukan operasi melakukan biaya yang relatif mahal sekali.Operasi sendiri memiliki beberapa metode yaitu operasi laparoskopi dan bedah sayatan terbuka.

Pastinya penderita enggan untuk melakukan pengobatan yang satu ini karena dengan biaya yang relatif mahal.Namun sebagai gantinya anda bisa mengkonsumsi obat herbal usus buntu tanpa operasi yang pastinya lebih aman dikonsumsi karena di ciptakan dari bahan alami yang tidak menimbulkan efek samping.

Itulah informasi yang bisa kami sampaikan pada kesempatan kali ini mengenai penyebab usus buntu pecah semoga bermanfaat dan bisa menjawab rasa ingin tahu anda mengenai penyakit ini.

Baca Juga Artikel Lainnya :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *