Cara Meramu Kunyit Untuk Mengobati Usus Buntu

By | June 7, 2018

Kunyit adalah salah satu tanaman obat herbal usus buntu yang bisa anda gunakan untuk mengobati usus buntu yang anda derita saat ini dan berikut ini adalah bagaimana cara meramu kunyit untuk mengobati usus buntu yang bisa anda lakukan sendiri di rumah.

Cara Meramu Kunyit Untuk Mengobati Usus Buntu

Waspada Gejala Awal Usus Buntu

Usus buntu adalah bagian organ tubuh manusia yang ukurannya kecil bahkan hampir sama dengan jari manusia, dimana letaknya berada tepat melekat pada organ usus besar.

Sering kali usus buntu menjadi keluhan penyakit yang diderita sebagian besar orang karena bagian organ ini telah mengalami peradangan (inflamasi) sehingga jika tidak segera ditangani bisa menimbulkan gangguan kesehatan pencernaan yang lebih parah. Bisa anda lihat : Bahaya Usus Buntu Kronis Dan Akut

Umumnya penyakit usus buntu ini banyak ditemukan hampir di semua kalangan, namun melihat pola makan manusia saat ini sehingga tidak heran penyakit ini paling sering menjangkiti orang di usia muda yakni 10 hingga 20 tahun.

Dimana gejala awal yang dialami seseorang yang mengalami usus buntu adalah rasa nyeri yang cukup hebat dan tidak tertahankan. Selain itu, berikut ini juga ada beberapa tanda atau gejala awal dari usus buntu yang lainnya diantaranya :

  • Rasa nyeri yang bertambah
  • Mengalami demam
  • Merasa sakit di bagain pusar
  • Nyeri perut saat setelah ditekan
  • Mual dan muntah
  • Kembung dan sering membuang gas
  • Mengalami diare
  • Sakit perut yang hilang timbul
  • Mengalami kram perut
  • Sakit perut kanan bawah

Segera lakukan pemeriksaan pada dokter, jika anda mengalami keluhan atau beberapa gejala usus buntu diatas agar anda bisa mendapatkan tindakan penanganan dan pengobatan dengan cepat sehingga hal-hal buruk yang terjadi akibat penyakit ini bisa anda hindari.

Namun selain melakukan pengobatan secara medis, anda juga bisa melakukan pengobatan usus buntu sendiri di rumah yakni dengan mengkonsumsi ramuan obat herbal yang terbuat dari tanaman obat usus buntu yang anda disekitar anda, salah satunya adalah kunyit.

3 Cara Meramu Kunyit Untuk Mengobati Usus Buntu Yang Baik Dan Benar

Kunyit adalah bahan alami yang sudah digunakan masyarakat Indonesia sejak ratusan tahun yang lalu hingga saat ini, dimana kunyit ini biasanya digunakan sebagai obat herbal untuk membantu berbagai macam penyakit, salah satunya adalah usus buntu.

Berdasarkan dari hasil penelitian, kunyit terbukti mengandung obat anti-inflamasi (peradangan), anti koagulan, antidepresan dan dikhususkan untuk obat gangguan usus.

Di dalam kunyit juga terdapat kandungan bahan aktif yang disebut dengan curcumin yang bermanfaat untuk membantu mengatasi masalah usus buntu, dimana kandungan tersebut juga bisa meredakan peradangan yang terjadi dan membantu mengurangi rasa sakit.

Cara Meramu Kunyit Untuk Mengobati Usus Buntu

Selain itu, di dalam kunyit juga terdapat kandungan yang bersifat antibakteri yang sangat berguna untuk mengurangi rasa sakit karena infeksi yang terjadi. Berikut ini adapun cara mengolah kunyit untuk obat usus buntu yakni : 

#1 Kunyit Campur Madu

Ternyata kunyit yang dicampur dengan madu bisa dikonsumsi dengan baik dan menyehatkan, untuk mengolahnya berikut ini bahan yang harus anda siapkan berupa :

  • Siapkan 2 ruas jari rempah kunyit
  • Siapkan jeruk nipis sebanyak 2 sendok makan
  • Siapkan madu
  • Siapkan air matang

Untuk mengolahnya, pastinya semua bahan-bahan diatas sudah bersih dan terlebih dulu di cuci. Kemudian parutlah kunyit dan pisahkan dalam wadah, lalu potong 2 buah jeruk nipis dan perah hingga sejumlah 2 sendok makan.

Campur air perasan jeruk dengan parutan kunyit tadi, lalu campurkan dengan air matang 1 gelas saja. Lalu tambahkan sedikit madu agar manfaatnya lebih terasa. Anda bisa mengkonsumsi ramuan kunyit ini sebanyak 2 kali dalam seminggu (saat pagi dan malam hari).

#2 Meminum Jamu Kunyit

Anda juga bisa mengkonsumsi jamu yang bahan dasarnya kunyit, biasanya jamu ini mudah ditemui di depot jamu atau pedagang jamu keliling. Ada baiknya ada meminum jamu ini saat dipagi hari agar pencernaan menjadi lancar.

#3 Konsumsi Makanan Mengandung Kunyit

Dimana beberapa bahan makanan yang berbahan dasar kunyit seperti olahan nasi kuning atau tumpeng yang menjadi santapan di pagi hari karena kandungan yang terdapat di dalam kunyit juga bisa anda dapatkan untuk mengatasi pencernaan yang maksimal.

Nah itulah bagaimana cara meramu kunyit untuk obat usus buntu guna untuk membantu menyembuhkan penyakit usus buntu yang anda derita saat ini, maka tidak ada salahnya jika anda mencobanya !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *