Posisi Tidur Pasca Operasi Usus Buntu

By | July 19, 2018

Setelah anda melakukan tindakan operasi, sangatlah penting untuk mengetahui posisi tidur pasca operasi usus buntu agar anda tidak merasakan nyeri yang menyiksa, silakan di simak informasi lebih lengkapnya dalam artikel ini.

Posisi Tidur Pasca Operasi Usus Buntu

Tujuan dari melakukan tindakan operasi usus buntu adalah untuk mengobati usus buntu dengan melakukan pengangkatan serta mengeluarkan usus yang belum pecah maupun yang sudah pecah.

Operasi ini juga dilakukan apabila gejala-gejala usus buntu sudah dirasakan dalam waktu lama dan timbulnya peradangan cukup parah. Berikut ini ada dua metode operasi usus buntu yang bisa dilakukan yakni :

  1. Laparotomy – Metode ini bertujuan untuk mengambil usus buntu menggunakan teknik bedah terbuka, dimana metode ini akan membuat sayatan vertical pada perut yang ukurannya agak besar.
  2. Laparoskopi – Berbeda dengan metode sebelumnya membuat sayatan vertical pada perut dengan ukuran yang cukup besar, dimana metode yang kedua ini dibuat agak kecil. Melalui lubang itulah dokter akan memasukan alat khusus bernama laparoskop.

Posisi Tidur Pasca Operasi Usus Buntu Yang Baik Dan Dianjurkan 

Dimana risiko dari kedua operasi tersebut adalah berupa infeksi di bagian usus khususnya di area usus buntu maupun infeksi bekas luka pada jahitan di perut.

Selain infeksi, dari metode diatas dilakukan penyayatan di bagian perut bahkan bagian yang disayat bukan hanya di bagian luar saja namun terdapat banyak lapisan bagian perut kanan bawah kurang lebih 5 hingga 10 cm.Hal tersebut membuat keadaan yang cukup menyiksa, apalagi waktu tidur ditambah setiap luka operasi akan terasa nyeri.

Namun kendati demikian, rasa nyeri pada bekas luka operasi akan hilang seiring berjalannya waktu. Akan tetapi, kiranya anda perlu mengetahui posisi tidur pasca operasi usus buntu dan berikut posisi tidur yang baik yakni :

  1. Pilih posisi tidur yang nyaman
  2. Posisi tidur yang naman adalah dengan berpindah-pindah baik ke arah kiri, ke arah kanan maupun terlentang
  3. Hindari melakukan posisi tidur terlalu lama ke arah kanan, karena hal ini akan menjadikan perut sebelah kanan yang terdapat bekas sayatan menjadi nyeri

Selain posisi tidur, adapun hal-hal yang harus diperhatikan agar bekas luka operasi usus buntu yang anda rasakan tidak menimbulkan nyeri. Dimana hal-hal tersebut yakni :

  • Istirahat yang banyak
  • Melakukan perawatan luka jahit
  • Aktivitas fisik

Nah itulah sekilas informasi yang bisa kami sampaikan pada kesempatan kali ini, semoga apa yang kami sampaikan bermanfaat dan bisa menjawab rasa ingin tahu anda serta bisa menambah wawasan pengetahuan anda. Terimakasih atas kunjungannya & SEMOGA LEKAS SEMBUH !

Simak Juga :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *