Tanda Dan Gejala Sepsis Pada Bayi

By | September 18, 2018

Mengenali tanda dan gejala sepsis pada bayi maupun anak bisa memberikan banyak keuntungan, salah satunya adalah bisa mendapatkan penanganan yang cepat sehingga kondisi yang lebih parah bisa di cegah.

Penasaran ingin tahu apa saja tanda gejala sepsis pada bayi tersebut ? Silakan di simak informasi lebih lengkapnya dalam artikel ini !

Tanda Dan Gejala Sepsis Pada Bayi

Mengenal Gejala Sepsis Pada Bayi

Dalam istilah medis sepsis disebut dengan septicarmi atau kecarunan darah merupakan komplikasi dari infeksi atau luka yang bisa mengancam nyawa dan terjadi karena masuknya zat kimia ke dalam pembuluh darah.

Dimana untuk melawan infeksi tersebut, maka akan timbul resp0n peradangan pada tubuh yang akhirnya juga bisa menimbulkan perubahan dan perusakan di berbagai organ dan akhirnya seseorang bisa mengalami kegagalan organ.

Pada umumnya sepsis bisa menyerang siapapun namun kasus terbanyak lebih menyerang seseorang dengan sistem kekebalan tubuh lemah seperti bayi yang baru lahir dan juga bayi prematur.

Penyakit ini bukanlah penyakit yang bisa disepelekan atau di anggap remeh karena bisa menyebabkan kematian bahkan angka kematian melebihi dari anak yang terserang kanker.

Sepsis sendiri terjadi karena adanya beberapa gangguan yang ditimbulkan dari infeksi parasit, jamur, virus serta limbah beracun mikroorganisme yang sudah masuk ke dalam darah.

Kemudian sistem kekebalan tubuh akan merespon infeksi tersebut untuk melindungi tubuh dalam melawan bakteri. Namun pada anak maupun bayi yang menderita sepsis, maka bakteri dari infeksi dan juga racun tersebut bia meningkatkan suhu tubuh, meningkatkan denyut jantung, tekanan darah dan juga menurunkan fungsi organ tubuh.

Berbicara mengenai tanda dan gejala sepsis pada bayi, berikut ini ada beberapa gejala sepsis yang sering muncul dan umum diantaranya :

1). Kesulitan Bernafas

Bayi juga bisa bernafas secara cepat atau bahkan kesulitan dalam bernafas, dimana pada momen tertentu bahkan bayi bisa berhenti bernafas selama lebih dari 10 detik atau apnea.

2). Trombositopenis

Jumlah dari trombosit dalam tubuh bayi mengalami penurunan atau berkurang dari jumlah trombosit normal, dimana kondisi ini menjadi gejala sepsis yang terjadi pada bayi.

3). Mengalami Demam

Dimana demam juga menjadi gejala sepsis pada bayi, dimana suhu tubuh bayi bisa lebih dari 38 derajat celcius dan juga suhu rektum yang meningkat namun terkadang juga suhu tubuh bayi bisa rendah secara drastis.

4). Perubahan Warna Kulit

Terjadinya perubahan warna kulit biasanya terjadi dimana warna kulit pada bayi akan terlihat semakin pucat, warna kulit yang tidak merata atau kulit yang terlihat membiru.

5). Kesulitan Makan

Biasanya bayi yang terkena sepsis akan menimbulkan gejala berupa tidak mau makan dan juga sulit minum ASI atau susu formula.

6). Detak Jantung Bermasalah

Kemudian gejala sepsis pada bayi selanjutnya adalah dari perubahan detak jantung dimana bisa lebih lambat atau lebih cepat dari keadaan normal.

7). Mengalami Syok Septik

Bayi yang mengalami sepsis juga akan mengalami syok yang juga di ikuti dengan tekanan darah sangat rendah dan tidak bisa diatasi hanya dengan memberikan cairan atau infus sederhana saja.

8). Menangis

Dimana untuk gejala sepsis pada bayi selanjutnya adalah bayi akan lebih sering menangis dan merengek lebih dari biasanya dan bukan terjadi karena lapar atau popok yang basah namun karena rasa sakit yang di timbulkan karena sepsis tersebut.

Selain beberapa gejala seperti diatas, berikut ini ada beberapa gejala umum lainnya yang juga bisa dialami oleh bayi pada saat terkena sepsis diantaranya :

  • Kejang-kejang
  • Hilang kesadaran pada bayi
  • Pembengkakan di area perut
  • Mengalami muntah-muntah
  • Diare

Biasanya gejala sepsis pada bayi tersebut akan mulai terlihat saat bayi berusia 3 hingga 12 bulan sehingga harus diwaspadai dan diperhatikan dengan benar, jika beberapa gejala diatas mulai terjadi pada bayi sebaiknya segera lakukan penanganan dan pengobatan yang serius dengan menemui dokter secepatnya.

Maka dengan begitu, anda bisa segera mendapatkan obat sepsis yang tepat untuk mengobatinya sampai sembuh sehingga hal buruk yang terjadi akibat penyakit sepsis ini bisa anda hindari.

Nah itulah sekilas informasi yang bisa kami sampaikan pada kesempatan kali ini mengenai tanda atau gejala sepsis pada bayi, semoga informasinya bermanfaat dan bisa menjawab rasa ingin tahu anda serta bisa menambah wawasan pengetahuan anda.

post by : Obat Herbal Usus Buntu Tanpa Operasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *